Sabtu, 27 Oktober 2012

TEXT EDITOR DI LINUX

Text Editor Vi

vi merupakan teks editor interaktif yang dapat digunakan untuk membuat dan memodifikasi suatu file text. Teks editor ini dibuat oleh Bill Joy dari Universitas California, Barkeley, USA.  Gak akan nyesel belajar menggunakan vi, karena nyaris di semua varian unix, text editor ini tersedia. Penggunaan huruf besar dan huruf kecil di Vi akan menghasilkan hal yang berbeda (BAHASA GAULNYA CASE SENSITIVE).

Pengenalan


Untuk menjalankan vi, format perintah nya di shell adalah

  vi [option] [namafile]

Contoh

$vi killduck <enter> <i>potong bebek angsa<enter> masak di kuali<enter> nona minta dansa<enter> dansa empat kali<enter> sorong ke kiri, sorong ke kanan<enter> la la la la… <enter> <tombol esc> <ketik :wq> <enter>

Mode dalam vi

Ada 3 mode dalam vi : yaitu :

Command Mode


Maksudnya, mode dimana user dapat menggerakkan kursor, menghapus, mensubtitusi, mencari suatu string. Secara default, waktu pertama kita masuk ke dalam text editor vi, kita di tempatkan pada mode ini. Berikut yang sering dipakai :

Menggerakkan kursor
h    satu karakter ke kiri l    satu karakter ke kanan k    satu baris ke atas j    satu baris ke bawah w    satu kata ke kanan b    satu kata ke kiri ^    atau | ke awal baris kursor e    atau > ke akhir baris kursor n(n=1,2,3,dst) ke baris ke-n

Menggerakkan / menggeser teks

<< menggeser teks ke kiri sebanyak satu TABS >> menggeser teks ke kanan sebanyak satu TABS

Membatalkan perintah dan pengulangan

u    undo, membatalkan perintah terakhir U    kembalikan baris kursor ke posisi sebelum di edit p    tempatkan teks yang terakhir dihapus pada posisi sebelum kursor P    tempatkan teks yang terakhir dihapus pada posisi sesudah kursor .    ulangi perintah terakhir

Menggerakkan/menggulung layar
z <enter> tempatkan baris kursor ke bagian atas layar z.        tempatkan baris kursor pada tengah layar z-        tempatkan baris kursor di akhir layar nG        tempatkan kursor pada baris ke-n (n=1,2,3…)

Menghapus teks


x            hapus karakter sebelum kursor dw           hapus satu kata pada posisi kursor dnw          hapus n kata pada posisi kursor d<enter>     hapus dua baris, mulai dari baris kursor d> atau dd   hapus baris kursor

Mengganti/subtitusi teks

r           subtitusi karakter pada posisi kursor 2rs         ganti karakter pada posisi kursor dengan 2 huruf s S atau cc   subtitusi teks pada baris kursor R atau s    subtitusi teks mulai posisi kursor hinggak diakhiri dengan menekan tombol <esc>

Koversi huruf kecil ke kapital atau sebaliknya

~    konversi satu huruf pada posisi kursor ~~   dua kali konversi mulai dari posisi kursor n~   konversi sebanyak n kali mulai dari posisi kursor

Mencari dan mengganti string

/string       cari string dengan arah maju ?string       cari string dengan arah mundur n             cari string berikutnya dengan arah yang sama N             cari string berikutnya dengan arah yang berlawanan /^string      cari string di awal aris dengan arah maju /string$      cari string di akhir baris dengan arah maju contoh lain: /kay[au]      cari string kaya dan kayu ke arah maju /\<mata       cari string yang diawali dengan mata /kan\>        cari string yang diakhiri dengan kan

Copy

yy           cut baris kursor ke buffer bernama b yw           cut kata pada posisi kursor ke buffer bernama b Y            cut mulai baris kursor hingga akhir baris ke buffer bernama b

Paste

p            paste teks pada posisi sebelum kursor P            paste teks pada posisi setelah kursor

Input Mode

Pada mode ini, user dapat melakukan pengeditan teks. Untuk Masuk ke dalam mode ini, berikut penjelasannya

i            menyisipkan/menambahkan data pada posisi kursor I            menyisipkan data pada awal baris kursor a            menyisipkan data pada posisi setelah kursor A            menyisipkan data pada akhir baris kursor o            menyisipkan data pada baris setelah baris kursor

Last Line Mode

:w                 namafile   save as nama file :wq                save

Mengenal Editor pada lingkungan Linux dan beberapa perintahnya

Editor merupakan aplikasi dasar yang sangat kita butuhkan. Seperti juga pada lingkungan Microsoft Windows, dimana kita dapat menggunakan editor Miscrosoft Word, untuk lingkungan Linux maupun semua varian UNIX terdapat editor file yang dinamakan vi atau vim (vi improved with syntax color highlighting). Selain vi terdapat program editor lain yang lebih mudah pemakaiannya serperti pico, joe, jove, mc (midnight commander), dll. Pada tulisan ini, akan dikenalkan bagaimana menggunakan editor vi, joe, pico dan mc.

Editor VI
Vi merupakan editor yang paling terkenal di lingkungan UNIX. Vi ialah kepanjangan dari “Visual” editor. Sedangkan Vim merupakan pengembangan dari editor vi yang mempunyai keunggulan dalam penggunaan warna. Vim mendukung penggunaan warna untuk menandakan kode program dan juga penanda teks seperti penggunaan huruf normal, tebal maupun cetak miring. Untuk menjalan perintah vi, kita gunakan sintaks sbb :

vi <nama_file>

Status vi

Editor vi mempunyai 3 mode, yaitu :

- command mode, untuk menggunakannya tekan ESC terlebih dahulu.

- input mode, dengan mengetikkan perintah-perintah yang spesifik, seperti a I o 0 dan diakhiri dengan ESC atau dengan interrupt.

- line mode, suatu keadaan setelah ada proses input : ?, /, !

Notasi yang digunakan


CTRL-c, CTRL adalah tombol control pada keyboard, sehingga CTRL-c berarti “control c”. CR (Carriage Return) ialah tombol enter.

    :r nama_file : adalah command untuk menyisipkan isi file namafile kedalam file yang sedang kita buka
    :q : digunakan untuk keluar dari Editor VI
    :w : digunakan untuk menyimpan file
    :!ls : digunakan me-list isi current directory saat itu (tanpa keluar dari editor VI). Untuk kembali ke editor VI, tekan Enter.
    :sh : adalah command untuk meninggalkan editor VI untuk sementara untuk melakukan beberapa perintah lain pada shell. Gunakan ctrl-d untuk kembali ke editor VI.

Pico

Pico adalah teks editor jenis lain yang berdasarkan pada program compose email Pine. Navigasi untuk perintahnya diletakkan di bawah dari layar. Semua karakter yang diketik langsung disisipkan ke dalam teks. Perintah untuk menjalankan editor pico adalah sbb :

pico <nama file>

Joe

Perintah-perintah dalam editor joe ini sangat mirip dengan perintah-perintah pada WordStar. Jika kita telah terbiasa dengan perintah pada WordStar maka tidak akan kesulitan dalam menggunakan editor joe. Untuk menjalankan joe, kita dapat menggunakan perintah sbb :

joe <nama file>
   

Daftar perintah pada program editor joe dapat dilihat pada Tabel 5.8:

MC (Midnight Commander)

MC atau Midnight Commander merupakan aplikasi yang sangat berguna. Kemampuan mc sebagai editor hanya salah satu dari kemampuan-kemampuan lainnya. Untuk menjalankannya, digunakan perintah sbb :

mc -e <nama file> atau
   

mc kemudian insert file yang akan diedit lalu tekan F4 untuk mengedit. Perintah-perintah yang dapat digunakan dapat

dilihat pada Tabel 5.9:

Masing-masing editor ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Contohnya seperti pada editor pico yang sangat baik berjalan di terminal apapun, termasuk pada terminal bila kita sedang telnet dengan menggunakan telnet client standar dariWindows. Sedangkan vim/vi, kita gunakan karena banyak feature-feature yang sangat menarik sehingga membantu kita untuk lebih cepat dalam mengedit file. Editor joe dan mc, digunakan karena sederhana dan tampilannya yang menarik.


Download lebih lengkapnya 

 source by, kang phery blog

2 komentar:

pslvseo a8 mengatakan...

A Plain Text Editor
Plain Text files
That's right, if you're writer on a budget, you don't need to spend any money buying expensive writing software or apps. Instead, you can use the text editor that comes free with your operating system.
Just open up Notepad on Windows or TextEdit on a Mac. I like plain text editors for writing something short quickly and easily, without thinking much about it. I wrote a blog post about the benefits of using plain text editors as writing software.
Use for: writing whatever, wherever

byodbuzz04 mengatakan...

A Plain Text EditorPlain Text filesThat's right, if you're writer on a budget, you don't need to spend any money buying expensive writing software or apps. Instead, you can use the text editor that comes free with your operating system.Just open up Notepad on Windows or TextEdit on a Mac. I like plain text editors for writing something short quickly and easily, without thinking much about it. I wrote a blog post about the benefits of using plain text editors as writing software.Use for: writing whatever, wherever

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More